Pages

Minggu, 08 Mei 2011

Halooooo..... ;)

Hai hai sudah lama gak nge-blog, dikarenakan karena kesibukan dan karena jaringan internet yang menyebalkan dan juga karena sekarang saya jadi blackberry user sehingga saya lebih memilih menulis dengan dibatasi 140 karakter di twitter.
hahahahha yah begitulah.
banyak hal yang terjadi selama ini, diantarantanya saya berhasil ke Semarang menjenguk Prince Thunder, cuma sehari tapi kenangan disana sangat berarti, terlebih pada waktu ke Semarang saya benar-benar sendiri, yah beneran sendiri, dari mengurus masalah akomodasi dan tiket semua saya kerjakan sendiri, bahkan pergi dan pulangnya pun sendiri, makanya perjalanan ke Semarang kemarin benar-benar berkesan bagi saya, tidak semata-mata hanya karena ketemu Prince Thunder, tapi karena esensi perjalanan itu sendiri, bagaikan sebuah mini backpacker bagi saya, walaupun setelah pulang masalah pun menanti.
hmmmm... banyak yang terjadi selama ini sebenarnya, sampai saya bingung mau cerita yang mana.
Baiklah, saya akan membaginya menjadi beberapa bagian saja supaya cerita selama saya absen nge-blog bisa lebih fokus. Let's start from:


Komunikasi Media

Jadi konsentrasi saya di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia adalah Komunikasi Media, atau biasanya anak-anak Komunikasi UI menyebutnya KoMed dan anak-anak yang masuk KoMed disebut KoMeddian.
Nah, KoMed ini adalah jurusan yang cuma ada di UI, kami belajar lebih ke teoretis analis-kritis dan agak berbeda buat teman-teman yang di jurusan Jurnalistik, hubungan masyarakat, iklan, maupun Industri Kreatif Penyiaran.
KoMed itu bagaikan filsafatnya anak komunikasi pokoknya, kerjaan kami selama ini adalah berusaha berinovasi untuk mencari teknologi mutkhahir untuk user dan dampak-dampak media bagi user, yah kira-kira begitu. Kalo kerja nanti, kami sebenarnya cocok untuk jadi dosen, praktisi media, kerja di KPPI, ataupun di perusahaan riset bagian komunikasi seperti Research In Motion gitu deh. yah begitulah masa depan para KoMeddian ini nantinya.
KoMed itu peminatnya sedikit kalau dibandingkan sama jurusan-jurusan lain. Untuk program sarjana reguler jumlahnya 21 orang, dan program sarjana paralel jumlahnya 9 orang saja.
Bisa terbayang betapa sepi kelas kalau di kelas-kelas kekhususan KoMed, 1 aja KoMeddian gak masuk rasanya udah sepi, dan lagi dosen lebih mudah mengingat kami as individu karena sedikitnya jumlah KoMeddian paralel. Tapi saya menikmati tiap detik saya berada di tengah KoMeddian dan kuliahnya.
Bagi saya jurusan ini menarik, karena kami mengangkat apa yang kebanyakan publik gak tau, di isu-isu komunikasi tentunya, mata kuliah yang menurut saya menarik adalah Perkembangan Media Massa Indonesia dosennya Mas Ade Armando yang sering jadi narasumber di TV itu loooh, ngajarnya enak dan dia friendly sama mahasiswa, Beliau bikin buku juga looh, tapi saya belum sempat membeli.
Poinnya, saya menikmati masa-masa saya sebagai mahasiswa di jurusan Komunikasi Media. :DD

Madah Bahana- Marching Band and AIESECers

Begitulah, karena sifat saya yang spontan entah kenapa pada saat itu berpikiran buat jadi mayoret. hahahahah.
Ok ini random.
Tapi beneran, saat itu saya berpikiran untuk jadi mayoret, akhirnya dengan segenap kenekatan dan miskin pengalaman bahkan informasi saya datang ke Pusgiwa untuk test alat MBUI. Niatnya sih pengen color guard, karena saya suka part nari-narinya, tapi ternyata dapetnya perkusi. Lalu saya menempuh basic training yang lamanya 2 bulan.
Dan marching band ini di luar ekspetasi saya. Benar-benar di luar ekspetasi saya.
Latihan pertama saya harus latihan baris berbaris, waktu itu saya sendiri diajarin sama Kak Meka dan Kak Bianca. bayangkan 1 orang diajari 2 orang, untungnya mereka sabar dan baik ngajarinnya. pertama kali disuruh siap aja saya gak beres Ya Tuhaaaaaann...... Kata mereka saya lenjeh, jujur saya langsung agak pesimis waktu itu this is not my world. saya gak bisa gerakan tegas-tegas something kayak gitu, saya terlalu feminim, yaaaah tercemin dari lay out blog ini.
Kalo boleh jujur sampai sekarang saya masih lenjeh kalo disuruh baris pas apel.
bahkan tiap latihan baris-berbaris nama saya selalu disebut Kak Rangga sebagai orang yang masih kurang. Gooooooddddddd :'( .
Untungnya mereka baik-baik semua, mereka meyakinkan saya bahwa mereka semua pernah diposisi saya. tapi gimana yah.
Lalu, latihan kedua, pemanasannya LARI KELILING STADION UI ini benar-benar bukan keahlian saya, baru setengah jalan udah ngos-ngosan, dan gak boleh jalan. Latihan pertama dan kedua saya masih gak kuat, sampai akhirnya tiap pagi saya latihan sendiri lari keliling komplek rumah biar kuat. kalo ada yang masih jalan nanti teman-teman se-team kena seri (seri itu push up 5X). ooh Goooooddddd.
I never imagine it in my life.
Benar-benar menguras fisik, pada hari-hari yang bertepatan dengan marching band saya gak tidur karena harus menyeimbangkan dengan belajar dan bikin tugas. Dan pas follow twitter beberapa senior di MB, mereka juga banyak yang begadang sampai larut-larut. so I thought it'll OK with me.
Lalu saya pun sudah terlanjur keterima AIESEC, yah saya gak pernah lupa cita-cita saya untuk jadi diplomat. kegiatan di AIESEC juga cukup banyak. dan tugas-tugas sebagai KoMeddian juga bisa dibilang gak sedikit dan lebih ribet dibanding jurusan lain.
OK kembali lagi ke MB, lalu setelah itu saya menyerah saja pada takdir dimana perkusi itu memilih saya. jadi begini, perkusi itu dibagi 2 pits sama batterty, pits itu terdiri dari melophone, xlyphone atau sepupu saya yang anak MB juga menyebutnya 'neng nong neng nong', kalo battery terdiri dari Quinnt, Snare Drum, Bass Drum, dan Cymbal. Sebenarnya saya ingin symbal karena di symbal juga ada nari-narinya, dan ternyata saya dapet snare drum.
yaaaah saya dapet snare drum, jari manis kiri saya agak bengkak dan gak selentik dulu, dan ternyata snare drum itu gak mudah juga. saya lemot banget belajarnya, merasa bersalah banget sama kakak-kakak disana yang udah sabar banget ngajarin saya dan saya gak bisa-bisa. lagi-lagi Kak Bianca yang ngajarin saya dengan sabar, lalu Kak Wahyu, dan Session Leader saya si Ditya.
yahh si Ditya ini yang bener-bener ngajarin saya, and the way he teach me it just remind me with my dad when he thought me mathematic. tebak sendiri maknanya apa.
Jujur saya stressfull karena progress saya ketinggalan sama teman-teman yang lain.
Saya mempush diri saya seperti yang katanya anak-anak marching band lain biasa lakukan, saya gak tidur buat ngejar materi sebagai kewajiban saya sebagai mahasiswa dan tanggung jawab buat bangsa, selain itu juga untuk ngejar materi belajar apa-apa yang kurang dari snare drum saya. tapi pada saat latian ternyata apa yang saya pelajari selama ini masih salah menurut mereka. agak ngenes juga sih, saya belajar sendiri dan saya salah. dan itu membayar waktu tidur saya.
Pernah suatu saat saya nge-drop dan akhirnya selama latihan saya tidur di basement gymnasium, pada saat itu Kak Ratih, salah senior saya nanya 'Mau jadi pasukan gak?' dan Kak Ratih bilang kalo dia juga mem-push badannya dan dirinya sendiri. akhirnya saya pun mem-push diri saya lagi.
Disamping itu saya juga stress, karena saya juga harus belajar, mengejar impian saya untuk kuliah di jurusan komunikasi politik di Harvard, perihal AIESEC, dan snare drum.
Dan biasanya pas stress kayak kemarin saya gak bisa makan, rambut rontok, dan untungnya gak terserang panic attack. Meskipun Kak Bianca (OK Kak Bianca nge-hits disini) bilang kalo nobody perfect dan saya harus punya skala prioritas, tapi gak tau kenapa saya butuh manifesto kesempurnaan itu.
Saya ingin berhasil di kuliah saya, sebagai AIESECers, dan sebagai snare drum player. Saya stress, jujur benar-benar stress, rasa stress saya gak pernah saya ungkapkan ke siapa-siapa, apa yang terjadi selama saya stress dan efeknya apa, blog ini yang tau duluan sebenarnya.
Saya gak berani cerita ke orang tua apalagi ke Prince Thunder yang udah meramal kalo saya bakal drop kalo udah kayak gini.
Saya gak nafsu makan, gak bisa tidur, rambut saya rontok, dan gak tau kenapa selalu muncul pikiran-pikiran jahat untuk mengakhiri hidup saya sendiri lagi.
Yang saya mau adalah saya bisa main snare drum, setidaknya seimbang sama teman-teman saya, tapi ternyata kenyataannya gak gitu.
Akhirnya saya drop juga, saya kena typus, hari dimana saya harusnya perfomance sebagai snare drum player gak bisa saya rasakan karena saya terbaring disini, dirumah.
Sedih rasanya.
Tapi mau bagaimana lagi. mungkin ini kerikil tajam saya di marching band.

Nah untuk hari ini itu dulu yang mau saya ceritain, meski badan ini masih sakit, tapi besok saya harus ke kampus demi beasiswa ke Harvard. dan mungkin harus kembali lagi latian marching band. semoga habis ini gak stress out lagi.

0 comments: