Pages

Kamis, 01 April 2010

Paskah

Halloooooooo temannnnnnn.....

Malam yang dingin disini....
Hari ini 2010 tahun yang lalu, ditulis di Alkitab bahwa Yesus dan keduabelas muridNya melakukan perjamuan kudus, mereka makan roti tanpa ragi dan minum anggur, satu roti rame-rame (klo gue gak salah inget)...
Peristiwa ini direpresentasikan oleh Leonardo Da Vinci dalam karya terkenalnya The Last Supper dan menjadi kontroversial saat Dan Brown membahasnya di buku The Da Vinci Code (loves that book so much....)...



Mau tau apa yang menjadi kontroversial?
Cari di google gambarnya dan lihat pria disebelah kiri Yesus, katanya itu Maria Magdalena bukan salah satu murid Yesus yang kita percaya selama ini, Maria Magdalena adalah seorang pelacur yang tobat lalu membasuh kaki Yesus....
Tapi teman saya gak akan membahas masalah kontroversial tersebut...
Klo mau tau kejadian selengkapnya mending cari di google dan baca buku The Da Vinci Code langsung (jangan nonton! kurang seru...)...
Dan silahkan simpan keyakinan anda sendiri...
Setelah perjamuan kudus Yesus meminta muridNya untuk berdoa di Taman Getsemani...
dan lahirlah Doa Bapa Kami....


Bapa kami yang di sorga,
dikuduskanlah nama-Mu.
Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu,
di bumi seperti di sorga.
Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya,
dan ampunilah kami akan kesalahan kami seperti kami juga telah mengampuni
orang yang bersalah kepada kami.
Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan,
tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat.
[Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya.
Amin.]

Yang gue tulis diatas adalah Doa Bapa Kami versi Protestan dan ada yang versi Katoliknya...
(seperti yang kita tau ada Kristen Protestan dan Katolik, Protestan adalah bentuk protes jemaat Katolik terdahulu yang dipelopori Marthin Luther King senior karena di Gereja dijual surat penebusan dosa well, dosa tidak ditebus oleh uangdan itu yang diprotes Marthin Luther...)
Kenapa gue bisa tau??
Karena gue sekolah di PSKD, sekolah Protestan...
Dan pada waktu ujian praktek agama gue diwajibkan untuk menghafalkan doa ini (walaupun klo gue gak hafal gak ngaruh juga, dapet dispensasi...)
Gue gak mau bahas soal kontroversi The Last Supper atau makna Doa Bapa Kami...
Klo itu tanyakan sendiri ke saudara kita yang Nasrani atau cari aja di wikipedia...
Gue mau memorize seru-seruan gue waktu sekolah dulu...
Sebenarnya perayaan yang paling gue suka saat di sekolah adalah Natal, tapi berhubung Natal masih jauh, maka gue akan menceritakan soal Paskah...
Hari Kamis biasanya gue kebaktian sama temen-temen gue...
Isi kebaktiannya itu berdoa (pastinya), puji-pujian, pembacaan firman (bisa dari guru, orang tua murid, atau temen gue sendiri yang pasti gak harus dilakukan oleh pendeta) abis itu pengumuman dari kepala sekolah atau guru...
Pembacaan firman sendiri biasanya diambil dari salah satu ayat di Alkitab yang disesuaikan dengan tema terus ayat tersebut direpresentasikan ke hal-hal yang yang menyangkut ke kehidupan sehari-hari (perlu gue tekankan GA ADA KRISTENISASI)...
Menarik enggaknya firman yang disampaikan tergantung yang menyampaikan, klo boring yaaah gue biasanya SMSan, ngobrol bisik-bisik sama temen gue, atau liat-liat alkitab temen gue....
Acara wajib di kebaktian adalah Kesaksian, bukan 'bersaksi' secara harafiah, siapa aja boleh bersaksi koq, biasanya kesaksian bisa dalam bentuk lagu (solo atau paduan suara dan gue juga sering ikut paduan suara looohhhh), drama, yaaahhhh suka-suka yag bersaksi deh....
Yang pasti sesuai dengan temanya...
Setelah kebaktian selesai biasanya ada acara sukacita, sukacita ini bentuknya juga macem-macem, bisa band (yang pasti lagunya lagu rohani), drama, dan lomba-lomba...
Lomba-lomba yang harus ada pas paskah adalah lomba mencari telur dan menghias telur...



Hari sebelumnya kita diminta untuk merebus telur dua atau tiga butir per anak (karena murid sekolah gue emang dikit) salah satu dihias dari rumah untuk dinilai keesokan harinya, sisanya dikumpulin buat lomba nyari telur...
Nah lomba nyari telur ini tentu pemenangnya ditentukan oleh jumlah telur yang dikumpulkan...
Seru sieh (sekolah gue luas banget dan ada taman yang banyak pohon-pohon dan itu yang bikin luas) nyari telur di semak-semak, bawah pohon, tanah-tanah...
Cuma hadiahnya itu yang rada repot, pemenang lomba mencari telur akan diberi telur hasil penemuannya dan telur lagi dari panitia...
Gue gak pernah menang, karena selain gue lambat karena gendut, gue males bawa telur segitu banyak (bisa-bisa bisulan gue)....
Kami biasanya break sebentar saat saudara-saudara yang Muslim menjalankan ibadah shalat...
Memberi kesempatan mereka buat beribadah....
Klo udah selesai lanjut lagi....
Kadang gue suka berpikir, diapain yah telur-telur itu sama mereka yang menang?
Mungkin sampai dirumah mereka pesta dengan hidangan serba telur rebus....
Mungkin kalian wonder, kenapa paskah identik dengan telur?
Tidak ada hubungannya dengan makanan kesukaan Yesus...
Menurut sumber yang gue dapet...
Paskah sendiri adalah kebangkitan Yesus setelah Ia mati di kayu salib di bukit Golgota demi menebus dosa manusia (nilai rela berkorban)...
Menurut kepercayaan Yesus bangkit pada hari ketiga jadi Yesus meninggalnya tiga hari saja dan hari dimana Yesus bangkit itu bertepatan pada hari Minggu, dan klo tanggal merah itu adalah hari Jumat itu adalah Jumat Agung hari saat Yesus wafat....
Istilahnya saat Yesus bangkit dan mengorbankan darahNya, kita seperti lahir baru, jadi manusia baru, yang dosanya baru ditebus...
Makanya paskah identik dengan telur dan lahir baru....
Hmmmmmm....
Semua nostalgila ini membuat saya ingin merebus telur....
Well, selamat Paskah bagi teman-teman yang merayakan...
God Bless You...

0 comments: